tresnapuspaherdani8616

29 Januari 2011

tugas mulok yang pertama

Filed under: Uncategorized — tresnayanna @ 12:35 pm

PERANGKAT KERAS (HARDWARE) KOMPUTER

1. CD ROM

•       Merupakan akronim dari “Compact Disc Read-Only Memory“, sebuah piringan compact dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bit.

•       CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re-Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.

2. HARDDISK

•       Harddisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah computer. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja kantor dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.

•       Dalam sebongkah harddisk, terdapat berbagai macam ruangruang kecil (direktori, folder, subdirektori, subfolder), yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Di situlah data-data diletakkan.

•       Ruang kecil dalam harddisk bekerja dalam logika saling tergantung (interdependent). Data/informasi dalam satu ruang kadangkala diperlukan untuk menggerakkan data/ informasi yang berada di ruang lain. Ada ruang di mana data di dalamnya tidak boleh diutak-atik atau dipindahkan ke tempat lain, ada ruang di mana kita bisa membuang dan menaruh data secara bergantian sesuai kebutuhan.

•       Harddisk terdiri atas beberapa komponen penting. Komponen utamanya adalah pelat (platter) yang berfungsi sebagai penyimpan data. Pelat ini adalah suatu cakram padat yang berbentuk bulat datar, kedua sisi permukaannya dilapisi dengan material khusus sehingga memiliki pola-pola magnetis. Pelat ini ditempatkan dalam suatu poros yang disebut spindle.

•       SCSI Interface Connector: umumnya digunakan untuk hard disk dan drive tape, tetapi dapat menghubungkan berbagai perangkat lain, termasuk scanner dan CD drive.

 

3. MEMORY

•       Setiap komputer saat ini telah dilengkapi dengan memori,  dan biasanya memori tersebut dinamakan memori utama atau disebut dengan RAM. Di dalam sebuah komputer memori  utama ditempatkan dalam bentuk deretan kotak metal.

•       Setiap Komputer dapat menampung informasi dalam bentuk byte. Komputer yang telah memiliki 1 MB memori dapat menampung lebih dari satu juga bytes informasi atau character.

3.1. RANDOM ACCES MEMORY

•       RAM (random Access memory): Memori ini adalah memori utama. Istilah dari RAM ini digunakan untuk memori yang berfungsi untuk membaca dan menuliskan data. Dengan fungsi tersebut maka Anda bisa menjalankan dua aktifitas sekaligus, yaitu menulis dari RAM dan membaca data dari RAM. Hal ini sangat berbeda dengan ROM, yang hanya mengijinkan Anda untuk dapat membaca data.  Kebanyakan data memiliki tingkat ke stabilan yang kurang dan hal tersebut menandakan bahwa tenaga listrik yang masuklah yang mengatur jalannya konten pada RAM. Dan apabila sewaktu-waktu tenaga listrik terputus, maka secara otomatis data pada RAM akan hilang.

3.2. READ ONLY MEMORY

•       ROM (read-only memory): Hampir sejumlah besar computer memiliki ROM atau Read Only Memory yang memegang intruksi untuk menyalakan sebuah computer. Tidak seperti RAM, ROM tidak dapat digunakan untuk menulis Data.

4. MOTHERBOARD

•       Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya

•       Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer

•       1. Socket IDE dan Socket Floppy

•       Socket IDE dignakan untuk knektor kabel penghubung antara motherboard dengan harddisk dan CD Drive.Sedangkan untuk socket floppy,berguna jika anda ingin menghubungkan motherboard dengan floppy drive.

•       2. Slot AGP dan Slot PCI

Accelerated Graphics Port (AGP),slot AGP berguna untuk menyalurkan data dari grafis ke processor tanpa melalui memory utama.Hal ini dapat mempercepat proses pengelolaan data yang berbasis pada grafis.Kebanyakan motherboard saat ini menyertakan bus AGP 4X ysng mampu bekerja pada frekuensi 266 MHZ.

3. Socket Memory (socket RAM)

Fungsi dari socket memory adalah untuk meletakkan memori atau RAM computer pada motherboard.Bentuk dari socket memory berbeda-beda,dapat disesuaikan dengan setiap jenis memory yang akan dipasang.Untuk RAM EDO menggunakan 72 pin,untuk SD RAM atau DIMM menggunakan 168 pin dan untuk DDR menggunakan 184 pin.

 

5. PROCESSOR

—  Arti istilah processor dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut

—  Nama chip, pengolah utama dari komputer, dan merupakan bagian dari central processing unit (CPU).

—  Pemroses data dengan berbagai perangkat pendukung. Alat ini digunakan sebaAgai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Oleh karena itu prosesor menjadi tolok ukur setiap komputer. Beberapa prosesor yang terkemuka adalah produk-produk Intel dan AMD, yakni Pentium dan K-6.

—  Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

—  Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :

—  Aritcmatics Logical Unit (ALU)

—  Control Unit (CU)

—  Memory Unit (MU)

—  Kecepatan proses data atau informasi yang dilakukan oleh sebuah komputer tidak terlepas dari besar kecilnya bit dari prosesor itu sendiri, semakin kecil bit yang dimiliki oleh prosesor tentu akan semakin lambat untuk memproses suatu masukan berupa data begitu juga sebaliknya apabila kapasitas bit prosesor semakin besar maka proses yang terjadipun semakin cepat untuk menghasilkan informasi. Namun cepat atau lambatnya kinerja komputer tidak hanya tergantung pada prosesor semata melain ada beberapa komponen lain yang mendukung kecepatan proses sebuah komputer antara lain dipengaruhi oleh besar kecilnya kapasitas sebuah memori.

—  Prosesor adalah sebuah chip atau IC (integrated Circuit) sebagai pengelola data yang utama dalam sebuah proses dalam sistem komputer. Namun pada artikel ini saya membatasi pembahasan tentang prosesor berdasarkan arsitektur pembuatannya.

—  Arsitektur 4 Bit
Prosesor yang dikenal dengan Microprocessor Intel 4004 diperkenalkan sekitar tahun 1971 oleh Intel corp dengan arsitektur 4 bit komputer pada saat itu tidak seperti kita gunakan saat ini karena kapasitas bitnya masih sangat kecil.

—  Arsitektur 8 Bit
Perkembangan selanjutnya dari microprosesor 4004 menjadi microprosesor 8080 dengan arsitektur 8 bit, selanjutnya dari 8080 menjadi 8086 dengan arsitektur 16 bit. Pada arsitektur 16 bit sistem operasi yang digunakan adlah sistem operasi yang masih berbasis DOS (Disk Operating System) yang mana semua perintah yang diberikan kepada komputer sebagai command prompt.

Pada arsitektur 16 bit kita kenal dengan sebutan komputer 286 hingga muncul arsitektur baru dengan bit yang lebih besar yaitu 32 bit sekitar tahun 1985 yang kita kenal dengan komputer 386. Pada arsitektur ini sudah dikenal sistem operasi yang berbasis grafik yaitu windows.

Seiring dengan kebutuhan akan data yang diproses semaikin besar maka dikembangkanlah prosesor dengan kapasitas bit lebih besar yaitu arsitektur 64 bit hingga saat ini masih diguanakan.

Untuk perkembangan arsitektur selanjutnya adalah arsitektur dengan 128 bit, 256 bit, 512 dan seterusnya.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: